Tentang saya, Tulisan dan Kegiatan Menulis.

Teman..sudah lama sekali saya tidak menulis, pekerjaan yang tidak pernah memberikan saya kesempatan untuk bisa menulis, memasung saya untuk berhenti melihat bahkan mendalami kegiatan menulis. Terakhir hasil tulisan saya di muat di Tabloid PC Plus sekitar bulan Agustus tahun 2004, waktu itu tulisan saya bertema membuat windows menjadi berbahasa Indonesia. Waduh bangganya saya waktu itu, mengetehui tulisan saya dimuat di tabloid yang merupakan tabloid favorit saya juga. Meski cuma dihargai 175 ribu rupiah saja untuk tiga halaman tabloid yang isinya tulisan saya, saya amat sangat bangga.

Tulisan saya itu berjudul Mengalihbahasakan Sendiri Windows, isinya tentang bagaimana kita membuat windows jadi bahasa yang kita mengerti. Tulisan itu saya buat dikarenakan saya geram membaca berita yang juga datang dari PC Plus. Berita itu memuat tentang rencana Microsoft Windows Indonesia yang sebentar lagi akan meluncurkan Windows Versi Bahasa Indonesia. Seingat saya yang membuat geram saya adalah pihak Microsoft berkata bahwa untuk melucurkan Windows Versi Bahasa Indonesia ini mereka membutuhkan waktu tiga bulan dan melibatkan tiga departemen negara.

Dalam hati saya bergumam saya mampu membuat windows jadi bahasa Indonesia hanya dalam waktu tiga jam. Waktu itu mungkin dianggap sombong oleh orang yang mendengarnya mungkin, untung saja cuma dalam hati saya mengucapkannya jadi tidak mungkin ada orang yang mendengarnnya. Saya cuma kesal kenapa kaum kapitalis punya begitu banyak cara untuk membuat temuannya jadi demikian berkesan, dan saya juga tidak mau melihat bangsa saya dibodohi oleh kaum kapitalis ini.

Saat itu mungkin niat saya cuma satu yaitu membuat temuan Microsoft yang satu ini jadi biasa-biasa saja, tidak boleh heboh. Dan selepas itu saya langsung membuat kerangka tulisan, berhubung waktu saya kuliah dulu saya ambil jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia di sebuah Sekolah Tinggi yang kurang terkenal di Jakarta yaitu STKIP PGRI sekarang UNINDRA(Universitas Indra Prasta) namanya. Makanya saya membuat kerangka tulisan dulu baru kemudian malamnya, saya mulai menuliskan tulisan tsb.

Saya mulai start jam 10 malam dan semua selesai sekitar jam ½ 1 malam, setelah itu saya langsung sholat Isya dan kemudian saya tidur. Paginya saya langsung mengetik tulisan saya tersebut ke warnet yang dekat dengan rumah saya, waktu itu saya belum memiliki komputer dan masih juga belum memiliki komputer sampai saya tulis tulisan ini. Setelah itu saya print tulisan tersebut dan kemudian saya langsung memposkan tulisan tersebut menggunakan kilat khusus setelah sebelumnya saya menyelipkan dua buah perangko dengan maksud supaya kalo tulisan saya ini tidak dimuat saya minta supaya naskahnya dikembalikan. Sengaja saya pilih memposkan dan bukannya mengirimkannya lewat email, karena waktu itu saya pikir kalau email akan lama dibuka oleh redaksi PC Plus.

Jelang tiga hari kemudian saya buka email saya, dan ternyata ada inbox yang masuk dua hari yang lalu, dan ternyata pengirimnya PC Plus. Saya sudah menduga sebelumnya ini pasti email yang memberitahukan saya bahwa tulisan saya akan dimuat, dan benar saja ternyata memang demikian isinya. Saya senang sekali waktu itu, sampai email itu pun saya cetak (norak banget).

Akhirnya tulisan saya pun dimuat sekitar awal bulan Agustus 2004 kalo tidak salah, dan seminggu kemudian saya dapat uang imbalannya lewat transfer ke rekening saya. Sampai sekarang saya tidak pernah tahu apakah jadi diluncurkan Windows Versi Bahasa Indonesia tersebut atau tidak, sebab dua hari setelah itu saya diterima bekerja di sebuah perusahaan IT Singapore dengan jabatan Midi Programmer dan mulai sibuk dengan pekerjaan baru saya. Dan kemudian pun saya sudah tidak lagi berlangganan Tabloid PC Plus tsb.

Itulah saat dimana saya menemukan bahwa saya mendapatkan kesenangan tersendiri ketika ada orang membaca tulisan saya dan tulisan saya dihargai oleh orang. Sebelumnya memang saya banyak menulis, tapi bukan tentang komputer dan itupun tulisan saya hanya untuk konsumsi saya sendiri, tidak pernah ada niatan untuk di publish atau ditunjukkan kepada orang lain.

Sekarang melalui blog ini saya akan coba lagi berlatih menulis, dan saya akan mencoba memfokuskan tulisan-tulisan saya nantinya di seputar komputer, berhubung karena saat ini saya sangat tertarik dengan komputer. Dan pekerjaan saya pun memang berhubungan dengan komputer. Dan juga sekarang saya juga sedang kembali kembali ke kampus (Kuliah Lagi di jurusan Manajemen Informatika mudah-mudahan ga pernah ada kata telat buat belajar…)

2 thoughts on “Tentang saya, Tulisan dan Kegiatan Menulis.

  1. Go go go !!.. tetap semangat bro nulisnya dan belajarnya .. biar bisa ngajarin gw ..btw kirimin donk via email tulisan loe soal “Mengalihbahasakan Sendiri Windows” .. buat pelajaran gw yang pertama :)..btw kulnya udah kelar lum ?? ..cepet selesai ya bos ..jangan cabut muluuuu !!!.. hehehe..

  2. Go go go !!.. tetap semangat bro nulisnya dan belajarnya .. biar bisa ngajarin gw ..btw kirimin donk via email tulisan loe soal “Mengalihbahasakan Sendiri Windows” .. buat pelajaran gw yang pertama :)..btw kulnya udah kelar lum ?? ..cepet selesai ya bos ..jangan cabut muluuuu !!!.. hehehe..

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s